BAB
I
Informasi
Latar Belakang
PT. ABC (selanjutnya disebut “perusahaan”) berlokasi di Jl. Rusa No. 14 kelurahan Tugu wetan kecamatan Kalikoa Cirebon, didirikan tanggal tahun 1999 sebagai perusahaan jasa distribusi
dan pemasaran oleh para pendiri yang terdiri atas:
- Yogi Prasta
- Mayo
- Nayla Hermawati
- Tiara Ardila
- Safira Ayu
Tujuan dari
didirikannya perusahaan adalah untuk meningkatkan komitmen secara terus-menerus
dalam ikut serta menciptakan masyarakat modern, terbuka, dan pada saat yang
sama religius. Jenis barang atau jasa dagang utama yaitu:
1.
Hasil industri
a. Alat
tulis kantor
b. Buku-buku
c. Barang
cetakan
2.
Jasa konsultan bisnis manajemen
3.
Pengantaran barang (tidak menimbun)
Susunan direksi
perusahaan adalah sebadai berikut:
Direktur
Utama : Yuki Komala
Direktur
Administrasi dan Keuangan : Hardi Hartanto
Sedangkan tujuan
dilakukannya audit adalah untuk:
- Menilai
sistem pengendalian manajemen yang digunakan dalam pemasaran produk.
- Memberikan berbagai saran perbaikan atas kelemahan sistem pengendalian manajemen yang ditemukan.
BAB
II
Kesimpulan
Audit
Berdasarkan temuan
(bukti) yang kami peroleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat
menyimpulkan sebagai berikut:
Kondisi:
- Upaya pemasaran yang dilakukan dengan
pendugaan tidak sesuai dengan keinginan, sikap atau perilaku pelanggan.
- Prediksi
pasar yang tidak komprehensif dalam menyusun rencana pemasaran
- perusahaan
belum melakukan analisis audit dalam mengendalikan aktivitas pemasaran.
Kriteria:
- Pemasaran melakukan studi terhadap keinginan, sikap, dan perilaku pelanggan, sebelum memutuskan upaya pemasaran yang akan dilakukan
- Perusahaan menggunakan prediksi pasar yang komprehensif dalam menyusun rencana pemasarannya
- Perusahaan mengendalikan aktivitas pemasarannya melalui analisis biasa, analisis pasar, dan audit pemasaran.
Penyebab:
- Bagian pemasaran tidak melakukan studi terhadap keinginan kepada konsumennya
- Tidak adanya petunjuk untuk menyusun rencana pemasaran dan juga prediksi pasar.
- Karyawan belum memahami pengendalian ketentuan aktivitas pemasaran dan strategi pasar ini.
Akibat:
- Banyaknya produk yang tidak terjual habis karena penjalan tidak menggunakan strategi ,melainkan dengan pendugaan.
- Tidak bisa meminimalisir ancaman pesaing karena tidak pernah melakukan prediksi pasar.
- Terjadi penumpukan buku-buku dan produk yang belum terjual.
DAFTAR
RINGKASAN TEMUAN
No
|
Kondisi
|
Kriteria
|
Penyebab
|
Akibat
|
1.
|
Upaya pemasaran yang dilakukan dengan pendugaan
tidak sesuai dengan keinginan, sikap atau perilaku pelanggan.
|
Pemasaran melakukan
studi terhadap keinginan, sikap, dan perilaku pelanggan, sebelum memutuskan
upaya pemasaran yang akan dilakukan.
|
Bagian pemasaran tidak
melakukan studi terhadap keinginan kepada konsumennya.
|
Banyaknya produk yang
tidak terjual habis karena penjualan tidak menggunakan strategi ,melainkan
dengan pendugaan.
|
2.
|
Prediksi pasar yang
tidak komprehensif dalam menyusun rencana pemasaran.
|
Perusahaan
menggunakan prediksi pasar yang komprehensif dalam menyusun rencana
pemasarannya.
|
tidak adanya petunjuk
untuk menyusun rencana pemasaran dan juga
prediksi pasar.
|
Tidak bisa
meminimalisir ancaman pesaing karena tidak pernah melakukan prediksi pasar.
|
3.
|
perusahaan belum
melakukan analisis audit dalam mengendalikan aktivitas pemasaran.
|
Perusahaan
mengendalikan aktivitas pemasarannya melalui analisis biaya, analisis pasar,
dan audit pemasaran.
|
Karyawan belum
memahami pengendalian ketentuan aktivitas pemasaran dan strategi pasar ini.
|
Terjadi penumpukan
buku-buku dan produk yang belum terjual.
|
Hasil laporan penjualan
periode 25 Desember 2014-16 April 2015
Total pembelian : 1529 buku dengan persentase 100%
Total penjualan : 107 buku dengan persentase 7%
Total sisa : 241 buku dengan
persentase 15,76%
Total R fisik : 1181 buku dengan persentase
77,24%
BAB
III
Rekomendasi
Hasil
audit yang dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang harus menjadi perhatian.
Keputusan untuk melakukan perbaikan atas kelemahan ini sepenuhnya ada pada
manajemen, tetapi jika kelemahan ini tidak segera diperbaiki kami
menghawatirkan terjadi akibat yang lebih buruk pada bagian pemasaran perusahaan
di masa yang akan datang. Kelemahan ini terdiri dari :
- Kelemahan
yang terjadi karena tidak adanya aksi untuk melakukan studi terhadap keinginan,
sikap dan perilaku pelanggan.
- Kelemahan
yang terjadi karena perusahaan hanya menggunakan pendugaan untuk menyusun
rencana pemasarannya.
- Kelemahan
yang terjadi karena kurangnya pemahaman dari karyawan sendiri untuk
melakukan pengendalian pasar pada perusahaan.
Rekomendasi :
- Perusahaan
harus melakukan studi langsung terhadap keinginan, sikap dan perilaku
pelanggan nya.
- Perusahaan
diharapkan bisa melakukan prediksi pasar secara komprehensif untuk
menyusun rencana pemasaran di masa yang akan datang.
- Perusahaan harus melakukan melaksanakan pelatihan karyawan yang memadai serta berkala untuk meningkatkan keahlian kinerja karyawan untuk mengendalikan aktivitas pemasaran dan strategi pemasaran.
BAB
IV
RUANG
LINGKUP AUDIT
Sesuai
dengan penugasan yang kami terima, audit yang kami lakukan hanya meliputi masalah Prosedur dan Implementasi
PT. ABC untuk periode tahun 2014/2015. Audit kami mencakup
Strategi pemasaran, prediksi pasar, pengendalian aktivitas pemasaran pada
perusahaan.
DAFTAR
PUSTAKA
Bayangkara, IBK.2011.Audit Manajemen Prosedur dan Implementasi.Jakarta:Salemba Empat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar